Kebumen

Makanan Khas Kebumen

Selain diwariskan dengan pesona alamnya yang mempesona, ternyata daerah Kebumen Jawa Tengah juga terkenal sebagai surganya wisata kuliner lezat yang sayang untuk dilewatkan. Oleh sebab itu, berkunjung ke Kebumen akan terasa hamba jika belum mencicipi aneka makanan khas Kebumen. Bahkan sejak gigitan pertama, rasa kulinernya siap membuat lidah bergoyang.  Daripada bingung untuk menentukannya, simak saja ulasan berikut :

1. Yutuk Goreng

Yutuk Goreng

Yutuk merupakan sejenis hewan laut yang banyak ditemui di daerah pesisir pantai Kebumen. Apabila diperhatikan dengan seksama, bentuk dan ukurannya hampir serupa dengan hewan undur undur. Jumlahnya yang cukup melimpah, masyarakat sekitar pun mengolahnya dengan berbagai rempah untuk menghasilkan kuliner lezat yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Olahan paling populer dari bahan dasar Yutuk yaitu bakwan atau lebih dikenal sebagai rempeyek. Kuliner satu ini sangat nikmat sebagai lauk pelengkap ketika mencicipi kuliner lainnya. Apakah tertarik untuk mencicipinya ? Anda dapat menemukannya di sepanjang kawasan dari Pantai Petanahan. Harganya pun murah meriah, sehingga sangat cocok dibeli dalam jumlah banyak untuk memuaskan keinginan.

2. Nasi Penggel

Nasi Penggel Kebumen

Salah satu kuliner khas Kebumen yang tak kalah populer adalah nasi penggel. Kuliner ini terbuat dari campuran nasi yang dibentuk bulat seperti bola, jeroan sapi, serta sayur nangka yang disajikan menggunakan daun pisang yang dipincuk. Untuk satu pincuknya sendiri, umumnya berisikan 7 hingga 8 penggel. Jika berbicara soal rasa, maka kuliner satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Satu porsinya saja sudah berhasil memuaskan perut keroncongan, sehingga sangat cocok sebagai menu makan siang selepas mengeluarkan tenaga cukup banyak. Hanya dibandrol sekitar 10 ribuan saja, makanan ini pun sudah berhasil membuat hati senang dan rasa lapar pun sirna. Sayangnya makanan ini sudah semakin jarang ditemukan, namun masih bisa ditemui di beberapa tempat tertentu saja.

3. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun

Soto merupakan makanan khas Jawa Tengah yang cukup populer dan banyak ditemukan di berbagai daerah. Salah satu soto lezat nan menyegarkan dapat ditemukan di Kebumen, yang tentunya tak kalah lezat seperti soto di daerah lainnya. Apa yang membuat soto satu ini tampak istimewa ? Soto Tamanwingun ini menggunakan irisan daging entok dan disiramkan dengan kuah santan yang dicampurkan dengan kaldu entok.

Uniknya soto ini tidaklah disantap bersamaan dengan nasi, namun disajikan bersamaan dengan ketupat sebagai penggantinya. Rasa sotonya akan semakin nikmat ketika disantap selagi hangat di tempat anda membelinya. Sekali mencicipinya, anda akan dibuat ketagihan dan tidak ingin berhenti mengunyah. Untuk satu porsinya, anda sudah bisa mencicipinya dengan membayar sekitar 10 ribuan saja.

4. Sate Ambal

Termasuk jenis kuliner legendaris dan terkenal hingga ke luar daerahnya, wajar saja jika banyak pengunjung yang penasaran dengan cita rasanya. Para pelancong yang ingin mencoba kuliner ini pun merasa mudah untuk menemukannya, pasalnya terlihat banyak penjual kaki lima yang menajajakan menu Sate Ambal di setiap sudut daerahnya. Dengan banyaknya penjual yang menawarkan menu ini, menandakan bila kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

Bahkan jika dilihat secara langsung, masakan khas kebumen mengingatkan dengan sate Madura. Yang membedakan keduanya berasal dari bumbu yang digunakan, karena sate ambal tidak menggunakan sambal kacang melainkan sambal tempe sebagai bahan dasarnya. Ternyata perbedaan bumbunya berpengaruh besar terhadap cita rasa yang dimunculkan. Agar rasanya semakin lezat, bumbunya pun ditambahkan dengan aneka rempah lainnya.

5. Soto Ayam Petanahan

Soto Ayam Petanahan memang tampak seperti soto kebanyakan, dimana isiannya berupa suwiran daging ayam dan toge sebagai lauk utamanya. Hanya saja, soto satu ini disajikan bersamaan dengan ketupat sebagai pengganti nasinya. Agar semakin nikmat, semua bahan utamanya akan disiramkan dengan kuah kental yang dibuat menggunakan bumbu rempah dengan cita rasa kuat seperti kunyit dan jahe.

6. Kethek

Apakah anda tertarik mencoba mencicipi kuliner unik khas Kebumen ? Jika memang iya, coba saja incip bagaimana rasa Kethek. Makanan satu ini terbuat dari sisa atau ampas saat pembuatan minyak kelapa, yang kemudian diolah dengan aneka rempah untuk menghasilkan kuliner lezat. Meski disebut ampas, nyatanya Kethek tak kalah sedap seperti kuliner lainnya. Harganya pun cukup ekonomis, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mencicipinya.

7. Jipang Kacang

Jipang Kacang merupakan jajanan tradisional dari Kebumen yang wajib dicicipi. Beberapa bahan pembuatannya terdiri dari gula jawa dan minyak sayur, yang kemudian ditambahkan dengan kacang sebagai pelengkapnya. Sejak gigitan pertama, anda akan dibuat ketagihan dan ingin mencobanya lagi dan lagi. Dengan cita rasanya yang cenderung manis, anak anak pun gemar menjadikannya sebagai camilan.

Jajanan ini kononnya telah diproduksi sejak lama dan mampu bertahan meski diterpa banyaknya kuliner kekinian yang masuk di indonesia. Bahkan kualitas dan rasanya tetap dipertahankan dengan baik, sehinnga wajar jika banyak pelancong yang menjadikannya sebagai buah tangan sejak turun temurun. Hanya dengan 10 ribuan saja, camilan manis nan legit ini cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Kebumen.

8. Sale Pisang

Dalam pembuatannya, pisang akan diiris tipis tipis terlebih dahulu kemudian jemur di bawah sinar matahari langsung dalam beberapa jam. Penjemuran dilakukan agar pisang tetap awet dan dapat bertahan lama, sehingga tanpa bantuan bahan pengawet pun makanan ini dapat bertahan. Setelah itu, pisang yang sudah kering akan dicelupkan ke dalam adonan tepung terigu lalu masak hingga berubah kecoklatan.

Kuliner satu ini terasa gurih dan ada sedikit rasa manis alami, sehingga banyak anak anak pun senang menyantanya sebagai camilan. Rasanya lezat dan tahan lama, wajar saja bila sale pisang banyak diburu para pelancong untuk dijadikan sebagai buah tangan terbaik. Bahkan harganya pun cukup bersahabat dengan kantong, sehingga membeli dalam jumlah banyak pun tidak akan menguras isi kantong.

9. Emping Mendem

Emping mungkin saja bisa ditemukan di daerah lainnya, namun cita rasanya tidak akan pernah sama seperti yang dimiliki oleh Kebumen. Pasalnya jajanan ini memiliki ukuran lebih kecil dan lebih padat jika dibandingkan dengan emping kebanyakan. Oleh karena itu, Emping Mendem wajib untuk dicoba ketika berkunjung ke Kebumen. Yang membuatnya semakin spesial yaitu tersedianya dalam berbagai varian rasa untuk dicicipi.

Selain rasa original, jangan lupa untuk mencoba varian rasa lainnya seperti pedas, asin, bahkan ada pula yang manis. Agar tidak penasaran, tidak ada salahnya membeli rasa original dan beberapa rasa lainnya untuk bisa menemukan rasanya favorit anda. Harganya pun cukup ramah di kantong, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai buah tangan terbaik bagi kerabat maupun keluarga yang menunggu di rumah.

Selama ini kabupaten Kebumen Jateng dikenal sebagai salah satu daerah yang memiliki tempat wisata yang memanjakan mata. Ternyata bukan hanya wisata alamnya saja yang menarik untuk dikunjungi, karena makanan khas Kebumen tak kalah menarik untuk ditelusuri. Setelah puas mencicipi kuliner lezat, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas Kebumen.