Makanan Khas Jepara

Kota Jepara yang ada di provinsi Jawa Tengah yang selama ini dikenal sebagai kota kelahiran R. A Kartini ternyata memiliki daya tarik yang cukup melimpah. Daya tarik yang dimaksudkan bukan berasal dari wisata alam maupun wisata sejarahnya saja, melainkan aneka wisata kuliner yang dikenal akan kelezatannya. Tawarkan cita rasa khas nan berbeda, dijamin sajian makanan khas Jepara akan membuat anda tergila gila. Berikut rekomendasi kuliner yang wajib dicicipi.

Aneka Kuliner Lezat Khas Jepara

1. Opor Panggang

Opor Panggang Khas Jepara

Kuliner populer satu ini terbilang unik dan menarik untuk dicoba, karena cara pengelolahannya tidak sama seperti opor kebanyakan. Dalam proses pembuatannya, daging yang akan dijadikan sebagai opor akan dimasak dengan cara dipanggang terlebih dahulu. Dari proses pemanggangan itulah, muncul aroma khas yang mampu meningkatkan nafsu makan. Umumnya opor panggang ini menggunakan daging ayam kampung sebagai bahan dasar utamanya.

Untuk meningkatkan cita rasa dari daging ayam kampungnya, dibutuhkan beberapa rempah pilihan yang diolah sedemikian rupa. Umumnya kuliner satu ini akan disajikan dalam sebuah mangkuk beserta dengan ketupat atau lontong. Agar lebih nikmat, segera santap opor panggang selagi disajikan dalam keadaan hangat. Hanya dengan membayarkan 15 ribuan saja, anda sudah bisa merasakan betapa nikmatnya kuliner satu ini.

2. Kuluban

Kuluban atau biasa disebut sebagai kluban ini merupakan masakan khas Jepara yang berisikan aneka sayuran segar dan ditambahkan dengan bumbu. Bahkan ada pula yang menyebutnya sebagai salad khas dari Jepara, karena isiannya memang berupa sayuran hijau yang tentunya baik dikonsumsi. Beberapa sayuran yang digunakan seperti daun singkong, labu siam, kangkung, dan juga sawi.

Agar rasa sayurnya semakin nikmat, maka diperlukan bumbu tambahan sebagai penyedapnya. Aneka bumbu yang digunakan seprti terasi, gua, kelapa, dan juga cabai. Para pelancong yang tertarik mencicipinya, silakan datang ke pasar tradisonal maupun di berbagai warug makan. Harganya pun cukup murah, namun sudah bisa memuaskan rasa lapar sekaligus memenuhi kebutuhan gizi seimbang.

3. Singit

Kuliner satu ini terbuat dari olahan daging yang ditambahkan dengan aneka rempah pilihan. Daging yang digunakan pun tidak sembarangan, pasalnya makanan ini hanya diolah menggunakan daging engkel atau daging yang berada di bagian atas kaki sapi. Sedangkan bumbu yang harus dipersiapkan terdiri dari gula merah, garam, bawang putih, bawang merah, santan, dan kecap manis.

Dilihat dari tampilan warnanya yang cenderung gelap, Singit akan mengingatkan dengan kuliner bernama rendang. Hanya saja kuliner dari Jepara ini terbuat dari jeroan sapi dengan tekstur bumbunya yang jauh lebih encer daripada rendang. Sejak gigitan pertama, dijamin akan membuat anda terus terbayang akan kelezatannya. Agar lebih nikmat, silahkan santap kuliner satu ini bersama dengan nasi hangat dan minuman segar.

4. Moto Belong

Sesuai dengan nama yang diberikannya, jajanan tradisional ini memang memiliki bentuk bak mata yang tengah melotot. Camilan satu ini terbuat dari singkong yang kemudian diparut untuk dibentuk bundar. Setelah adonannya sudah berbentuk bundar, barulah akan dimasukkan potongan pisang di bagian tengahnya. Dengan tampilannya yang unik, siapapun yang melihat pasti akan tertarik untuk mencobanya.

5. Bongko Mento

Jika tertarik mencicipi jajanan legendaris, tampaknya Bongko Mento bisa menjadi solusinya. Konon camilan tradisional ini dahulunya merupakan makanan favorit bagi para keraton Jepara. Dihadirkan dalam dua isian yang berbeda yaitu jamur kuping dan suwiran ayam. Isian tersebut nantinya akan dibungkus menggunakan daun pisang sebagai penutupnya. Umumnya jajanan ini akan disajikan untuk berbagai jamuan seperti arisan ataupun acara keluarga besar.

6. Pindang Serani

Pindang Serani menjadi salah satu olahan hasil laut populer yang banyak diburu oleh para pelancong. Kuliner khas Jepara satu ini kaya akan rasa, sehingga mampu memberikan pengalaman baru saat mencicipinya. Mulai dari rasa manis, asam, dan pedas terasa menyatu sempurna dengan daging ikannya yang lembut di mulut. Sedangkan jenis ikan yang biasa digunakan dalam pengolahannya yaitu ikan kakap, ikan bandeng dan juga ikan kerapu.

Untuk meningkatkan cita rasanya, dibutuhkan bumbu tambahan yang harus dipersiapkan. Bumbu tambahan tersebut terdiri dari tomat, daun bawang, bawang putih, bawang merah, kemagi, dan belimbing wuluh. Dengan penggunaan semua bumbunya, tidak heran bila cita rasa yang ditawarkan cukup unik nan menggoda selera. Apabila tertarik mencicipinya, anda bisa mendatangi restoran atau rumah makan yang menyediakan menu tersebut.

7. Blenyik

Sebagai salah satu kuliner dari hasil olahan laut, Blenyik tak kalah menarik untuk dicicipi. Sebenarnya Blenyik adalah ikan ikan teri berukuran mini yang kemudian dikumpulkan menjadi satu untuk dibentuk seperti bakwan atau bala bala. Dalam pengolahannya diperlukan bumbu seperti merica, garam, tepung teriu, dan kemiri. Bumbu dan bahan utamanya akan diaduk hingga rata dan digoreng seperti biasa.

Makanan satu ini terasa gurih nan lezat, sehingga sangat cocok sebagai lauk tambahan yang dipadukan dengan nasi hangat. Selain sebagai lauk tambahan, sebagian orang bahkan menjadikannya sebagai camilan lezat. Apakah tertarik untuk mencobanya ? Makanan ini banyak dijajakan di pasar tradisional ataupun di beberapa pedagang ikan yang ada di Jepara. Harganya pun cukup terjangkau, sehingga tidak akan membuat isi dompet seret.

8. Kopi Tempur

Indonesia juga dikenal sebagai daerah penghasil kopi terbaik, yang salah satunya dapat ditemukan di Jepara. Berasal dari Desa Tempur, akhirnya masyarakat pun menyebutnya sebagai kopi Tempur sebagai identitas produknya. Kopi Tempur paling nikmat ketika diseduh untuk menghangatkan badan disaat cuaca dingin. Selain dikonsumsi langsung, tersedia kopi ini juga tersedia dalam bentuk kemasan sehingga cocok dijadikan sebagai oleh oleh khas Jepara.

9. Sop Udang Jepara

Letak geografisnya yang berbatasan langsung dengan laut Jawa, menjadi salah satu alasan banyaknya kuliner lezat dari hasil laut. Bahkan daerah ini dikenal sebagai penghasil udang yang cukup melimpah, sehingga tidak mengherankan jika ditemukan aneka kuliner yang berbahan dasar dari udang. Dari sekian banyak kuliner dari udang, sop udang Jepara bisa menjadi perwakilan bagaimana masyarakat mengolahnya dengan baik.

Sop satu ini memiliki cita rasa manis, asam, dan pedas dalam satu hidangan. Untuk menghasilkan rasa unik tersebut dibutuhkan beberapa bumbu utama seperti bawang putih, merica, garam dan pala. Sebagai pelengkapnya ditambahkan pula beberapa bahan lainnya seperti bihun, tomat, tauge, dan tak lupa daun bawang. Hanya dibandrol sekitar 20 ribuan saja, perut akan terasa kenyang dan anda pun akan merasa puas.

10. Sambal Samtis

Samtis atau sambal dan petis ini merupakan kuliner yang diperuntukkan bagi pecinta makanan pedas membakar lidah. Terbuat dari bahan dasar udang, dijamin rasa sambalnya akan terasa unik dan tidak seperti sambal kebanyakan. Sambal super pedas ini, akan terasa semakin nikmat sebagai pendamping nasi hangat beserta dengan aneka lauk pauk khas Jepara.

Selagi berkunjung ke kota kelahiran R. A Kartini, jangan lupa untuk mencoba aneka kulinernya yang siap menggoyang lidah. Karena termasuk daerah pesisir yang memiliki sejumlah wisata bahari, tidak mengherankan bila olahan makanan khas Jepara didominasi dari kekayaan hasil lautnya. Diolah dengan baik dan ditambahkan dengan berbagai rempah pilihan, dijamin saat pertama kali mencobanya anda akan dibuat ketagihan.