Banyumas

Makanan Khas Banyumas

Indonesia disebut sebagai salah satu negara kaya di berbagai aspek, tidak terkecuali pada kekayaan kuliner di setiap daerahnya. Salah satu daerah yang dikenal menyimpan segudang kuliner sedapnya terletak di Banyumas, salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah.

Bahkan berkunjung kesana terasa kurang lengkap sebelum mencicipi aneka makanan khas Banyumas. Apa saja kuliner yang bisa dicicipi ketika singgah disana ? Berikut daftar rekomendasinya :

1. Gethuk Goreng Sokaraja

Getuk Goreng Sokaraja

Bentuk dan namanya memang serupa dengan jajanan tradisional di daerah lainnya, namun gethuk goreng dari Banyumas ini memiliki citarasa yang berbeda. Perbedaan rasa tersebut berasal dari cara pembuatannya yang unik, dimana adonan dibuat menggunakan singkong berkualitas dengan melewati dua kali proses pemasakan.

Pada tahap pertama, singkong dikukus hingga matang kemudian dilumatkan hinggga halus dan ditambahkan gula jawa. Setelah proses pelumatan dirasa cukup, adonan tersebut akan dicampur menggunakan tepung terigu dan tepung beras. Semua bahannya akan diaduk hingga rata dan barulah dibentuk menjadi kotak kotak berukuran kecil.

Jika sudah siap, adonan akan digoreng hingga warnanya berubah kecoklatan dan beraroma wangi. Sejak gigitan pertama, rasa manis dari singkong dan gula jawanya akan memenuhi mulut dengan sempurna.

2. Nopia

Nopia Khas Banyumas

Jajanan tradisional berbentuk bulat dan berwarna putih satu ini, kerap dijadikan sebagai oleh oleh khas Banyumas terbaik oleh para pelancong. Alasan kenapa jajanan ini begitu dicintai, yaitu isinya yang terasa manis karena terbuat dari gula merah. Namun kini isiannya semakin bervarisasi mulai dari kacang, coklat, bahkan ada rasa durian.

Banyaknya varian isi yang ditawarkan, pembeli pun dapat memilih sesuai selera. Selain dari isiannya sendiri, ternyata cara membuatnya yang unik dikatakan sebagai faktor utama kenapa rasanya begitu nikmat di mulut.

Pada dasarnya, jajanan ini dibuat dengan ditempelkan di sebuah tungku khusus yang telah dipanaskan dengan suhu tinggi. Sehingga tidak heran jika ditemukan beberapa bagian yang tampak hangus. Meski demikian, rasa dan kualitasnya dapat diancungi jempol.

3. Kraca

kraca banyumas

Ketika mengunjungi Banyumas, kemungkinan anda akan menemukan kuliner khas yang terbuat dari Kraca atau sejenis keong sawah berukuran kecil. Umumnya masyarakat sekitar akan mengolah daging si keong sawah, menjadi berbagai kuliner lezat yang siap memuaskan perut keroncongan.

Bahan utama wajib yang perlu disiapkan yaitu batang sereh, dimana bahan ini mampu memunculkan aroma harum untuk meningkatkan selera makan. Cara menyantap Kraca pun cukup unik, pasalnya masyakat akan mengolahnya tanpa membuang cangkangnya terlebih dahulu. Sehingga ketika ingin menyantapnya, anda perlu menyedot dengan mulut untuk bisa mendapatkan dagingnya.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu mencongkel dagingnya menggunakan tusuk gigi ataupun gigi garpu. Namun sebelum menyantapnya, ada baiknya memastikan jika penutupnya dibuang terlebih dahulu.

4. Soto Sokaraja

soto sokaraja

Kuliner khas Banyumas ini tampak berbeda dengan soto pada umumnya, sehingga menyantapnya akan memberikan pengalaman berbeda. Pasalnya soto akan disajikan bersamaan dengan irisan ketupat dan sambal kacang, yang membuat rasanya sedikit berbeda daripada soto biasanya. Mungkin anda bisa menemukan soto ini di berbagai daerah lainnya, namun kelezatan soto dari Banyumas tidak akan pernah terkalahkan. Soto sokaraja juga dikenal dengan nama sroto sokaraja.

5. Mendoan Banyumas

Mendoan

Dari sekian banyak pilihan kudapan dari Banyumas, jangan sampai lupa untuk mencicipi mendoan. Dengan cita rasanya yang begitu nikmat, bahkan kini mendoan sudah dapat dijumpai di berbagi kota lainnya. Untuk membuatnya sendiri di rumah pun cukup mudah, pasalnya bahan yang harus disiapkan mudah didapatkan dan hargaya cukup terjangkau. Oleh sebab itu, jajanan tradisional in sangat cocok disantap ketika merindukan Banyumas.

Beberapa bahan yang perlu disiapkan yaitu tempe, tepung terigu, dan berbagai bumbu tambahan lainnya. Ketika semua bahannya sudah tersedia, silahkan iris tempe tipis tipis lalu taburkan adonan tepung terigu bersamaan dengan bumbu bumbunya. Ketika bumbu sudah merata di seluruh bagian tempe, saatnya digoreng hingga berubah warna menjadi kecoklatan. Jajanan ini akan semakin nikmat jika dikonsumsi bersamaan dengan saus kecap dan cabe rawit.

6. Tegean

tegean banyumas

Bagi para vegetarian yang merasa kesulitan menemukan kuliner sesuai selera, bisa mencoba masakan bernama Tegean dari Banyumas. Sebenarnya makanan satu ini berupa campuran aneka sayuran seperti kentang, bayam, sawi, kubis, wortel, muncang, dan juga seledri. Semua bahan masakan tersebut nantinya akan diracik bersama bumbu khusus, sehingga rasa dari kuliner ini tidak akan ditemui di tempat lainnya.

Agar rasa makasan semakin nikmat, ditambahkan pula taburan bawang goreng sebagai topping. Sebagai tambahannya, kuliner lezat in akan dicampurkan beberapa irisan daging sapi ataupun daging ayam untuk menambah cita rasanya. Bagi sebagian orang yang bosan menyantap daging, kadangkala mencampurkan Tegean dengan mi bihun sebagai alternatifnya. Dengan begitu, anda dapat menyesuaikan dengan selera masing masing.

7. Jalabiya

jalabiya banyumas

Jika melihat dari tampilannya, masakan khas Banyumas satu ini akan mengingatkan kita dengan donat. Hanya saja Jalabiya terbuat dari singkong yang diparut, kemudian dibentuk lingkaran dan ada lubang di bagian tengah bak membuat donat. Jajanan tradisional satu ini akan semakin nikmat jika disantap dikala masih hangat. Dengan rasanya yang lezat, dirasa cocok sebagai camilan untuk melengkapi secangkir teh atau kopi dikala senggang.

8. Lanting

lanting banyumas

Kuliner kali ini cukup unik nan menggemaskan, sebab bentuknya menyerupai angka delapan dengan cita rasa asin nan gurih. Dalam pembuatannya, masyarakat akan menggunakan singkong yang sudah dibersihkan kemudian diparut lalu diperas. Nantinya parutan singkong tersebut akan dicampurkan bersamaan dengan berbagai bumbu rahasia kemudian digoreng. Dengan cita rasanya tersebut, makanan satu ini paling sedap jika dijadikan sebagai campilan.

Selain dijadikan sebagai camilan pribadi, Lanting kerap kali disajikan kepada para tamu yang berkunjung ke rumah warganya. Rasanya yang sangat memanjakan mulut dan cocok dijadikan sebagai camilan dikala senggang, membuatnya banyak diburu oleh para pelancong yang masih merindukan Banyumas. Bahkan agar tidak mudah bosan, para pembuatnya pun menghadirkan dengan varian rasa pedas dan keju yang tak kalah enak untuk dicicipi.

9. Intil

intil banyumas

Salah satu jajanan traadisional yang masih banyak diburu hingga saat ini adalah Intil. Dalam pembuatannya, masyarakat sekitar akan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Sedangkan dari segi pengolahannya sendiri hampir serupa ketika hendak membuat Jalabia. Dimana singkong akan diparut terlebih dahulu hingga halus, kemudian hasil parutannya akan diperas hingga tidak ada yang tersisa.

Nantinya adonan yang telah diperasa tersebut akan dicampurkan dengan gula jawa dan beberapa bumbu tambahan lainnya. Ketika sudah diaduk merata, adonan akan dikukus sampai matang dan siap disajikan. Sebagai pelengkapnya, masyakat umumnya memberikan taburan kelapa parut sebelum disajikan. Meski termasuk camilan, nyatanya kuliner satu ini akan membuat perut terasa kenyang meski belum mengkonsumsi nasi.

Jika diperhatikan lagi, mungkin anda  menyadari bila sebagian makanan khas Banyumas dibuat menggunakan singkong sebagai bahan utamanya. Hanya dengan memanfaatkan singkong, masyarakat mengolahnya hingga menjadi kuliner sedap yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Namun ada pula beberapa kuliner lainnya yang tak kalah enak untuk dicicipi. Selain mencicipinya langsung, jangan lupa untuk membawa buah tangan.