Makanan Khas Banjarnegara

Ketika mendengar nama daerah Banjarnegara Jawa Tengah, hal pertama yang terpikirkan yaitu lokasinya yang berada di daratan tinggi dengan pesona alam memukau. Selagi berkunjung ke daerah tersebut, jangan lupa untuk memuaskan rasa lapar dengan mencicipi kulinernya yang sedap. Bahkan cita rasa makanan khas Banjarnegara sudah terkenal hampir ke seluruh penjuru tanah air. Oleh sebab itu, jangan sampai melewatkan kesempatan emas tersebut.

1. Mie Ongkok

Mie ongklok Banjarnegara

Kuliner yang cukup terkenal di kalangan pengunjung yang datang untuk berkunjung ke daerah Banjarnegara adalah Mie Ongkok. Alasan utama kenapa kuliner ini begitu diminati yaitu cara pembuatannya yang unik, pasalnya mie terbuat dari mie telur yang kemudian direbus. Setelah tiga perempatnya mulai matang, mie akan dikocok menggunakan air panas lalu disiramkan dengan kuah ketal.

Justru dengan cara pembuatannya yang unik tersebut, mie ini pun semakin terkenal akan rasanya yang lezat. Sebagai pelengkapnya, menu kuliner ini akan disajikan bersamaan dengan sate sapi yang dilumuri dengan aneka rempah pilihan. Dalam gigitan pertama, anda akan dibuat ketagihan dan tidak akan bisa berhenti mengkonsumsinya. Untuk bisa mencicipi satu porsinya, anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar 15 ribuan saja.

2. Bakso Ketupat

Bakso dapat dikatakan sebagai kuliner populer yang banyak disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Kunci utama kenikmatan kuliner satu ini terletak dari rasa bakso dan kuahnya yang memang menggunakan kaldu ayam ataupun sapi. Hanya saja masakan khas banjarnegara ini berbeda daripada bakso kebanyakan, pasalnya bakso akan disajikan bersamaan dengan ketupat.

Dengan adanya tambahan ketupat, maka mengkonsumsi satu porsi bakso saja sudah dapat menghilangkan rasa lapar. Sebagai pelengkapnya, bakso ketupat ditambahkan dengan bihun yang terasa lembut di mulut. Tertarik mencoba kuliner populer satu ini ? Untuk bisa mencicipinya, silahkan kunjungi berbagai warung kaki lima yang menyediakan menu satu ini. Dibandrol mulai dari harga 10 ribuan saja, dijamin berhasil memuaskan perut yang kelaparan.

3. Soto Krandegan

Soto Krandegan Banjarnegara

Soto memang dapat ditemukan di berbagai daerah, namun cita rasanya tidak akan pernah sama di setiap daerahnya. Itulah yang dirasakan ketika mencoba soto Krandengan ala Banjarnegara, yang seakan mampu mencerminkan cita rasa dari daerah tersebut. Soto satu ini berisikan irisan daging ayam yang disiramkan dengan kuah pekat bak opor. Agar lebih kenyang, umumnya soto akan disajikan bersama dengan ketupat sebagai pengganti nasi.

Waktu terbaik untuk mengkonsumsinya yaitu di pagi hari atau dijadikan sebagai sarapan. Pasalnya Banjarnegara yang berada di daratan tinggi cenderung terasa begitu dingin ketika di pagi hari. Sehingga mengkonsumsi soto sebagai sarapan, bisa menjadi sumber tenaga sekaligus menghangatkan tubuh. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah, lantaran sudah banyak penjual kaki lima yang menjajakannya sebagai menu sarapan.

4. Buntil

Buntil merupakan salah satu makanan yang wajib dicicipi ketika singgah di kota Banjarnegara. Kuliner satu ini dihadirkan dalam dua bahan berbeda, yang pertama menggunakan daun talas sedangkan yang kedua menggunakan singkong. Dalam pembuatannya, Buntil terbuat dari parutan kelapa yang ditambahkan bumbu pedas yang terbuat dari santan. Ketika mencobanya, rasa pedas nan gurihnya menyatu sempurna di dalam mulut.

Menurut masyarakat, menu kuliner khas Banjarnegara ini telah ada di beberapa negara di Eropa. Para pelancong pun tak perlu kebingungan untuk mencarinya, pasalnya di setiap warung pasti akan menyediakan kuliner satu ini. Jika anda mengunjungi alun alun, makanan ini akan disuguhkan dengan buntalan daun yang membuatnya semakin gurih nan lezat di mulut. Harganya pun ramah di kantong, sehingga bisa menjadi alternatif mencicipi kuliner dari Banjarnegara.

5. Combro Kalipalet

Masyarakat sekitar biasa mengkonsumsi combro kalipalet bersamaan dengan Soto Krandegan. Sebab kuliner satu ini lebih mirip seperti gorengan yang terasa renyah ketika digigit. Dibandingkan dengan combro di daerah lainnya, Banjarnegara menyajikan Combro Kalipalet dalam ukuran lebih besar dengan isian gurih nan pedas. Sekali menggigitnya, rasa pedasnya akan menyembur ke dalam mulut namun terasa begitu nikmat.

6. Tempe Mendoan

Meski dapat ditemukan di berbagai daerah lainnya, uniknya setiap daerah memiliki cara pengolahan tempe mendoan yang berbeda. Ketika cara membuatnya saja tidak sama, tentu saja rasa yang dihadirkan juga cukup beragam. Begitu pula dengan tempe mendoan khas Banjarnegara, dimana dalam pembuatannya tempe akan diiris tipis kemudian ditambahkan dengan potongan daun bawang bersama dengan tepung.

Bukan hanya proses pembuatannya saja yang berbeda, namun penyajian tempe mendoan di Banjarnegara sedikit berbeda dengan daerah lainnya. Pasalnya tempe akan sajikan bersama dengan cabe rawit hijau dan kecap. Lebih baik santap dikala masih hangat, dijamin anda akan merasa tergiur untuk memakannya tiada henti. Selain dijadikan sebagai camilan dikala senggang, tempe mendoan juga cocok dijadikan sebagai lauk bersama dengan nasi putih hangat.

7. Jenak Salak

Bagi Banjarnegara, buah salak sudah menjadi primadonanya wisata kuliner lezat. Melimpahnya jumlah salak yang bisa diproduksi, masyakarat sekitar pun menggunakan kreatifitasnya dengan mengolah buah salak menjadi berbagai kuliner menggugah selera. Dari sekian banyak produk yang ditawarkan, jenang salak menjadi salah satu produk yang banyak dicari oleh para pendatang.
Sesuai dengan namanya, jenang satu ini memang terbuat dari salak pondok berkualitas unggulan yang kemudian diolah sedemikian rupa. Pada dasarnya buah salak pondok memang terkenal akan rasanya yang manis nan gurih, sehingga tanpa diolah sekalipun sudah banyak yang mencarinya. Apabila tertarik membeli jenang satu ini, anda bisa mendapatkannya di berbagai toko oleh oleh khas Banjarnegara.

8. Carica

Hanya dapat ditemukan di Dieng saja, maka gunakan kesempatan emas saat mengunjungi Banjarnegara untuk membeli Carica. Konon katanya, buah satu ini memiliki segudang khasiat baik bagi tubuh. Selain menyehatkan, rasa buahnya terasa menyegarkan dan membuat ketagihan ketika sudah sampai di mulut. Agar lebih nikmat, silahkan nikmati buah satu ini dalam keadaan dingin.

9. Kerupuk Salak

Dikenal akan rasanya yang manis sekaligus gurih, tidak heran bila banyak orang yang menjadikannya sebagai buah favoritnya. Ketika mengunjungi Banjarnegara, bahkan buah salak bisa ditemukan dalam berbagai versi olahan kuliner. Apabila anda menyukai jajanan gurih, tampaknya kerupuk dari buah salak ini bisa menjadi alternatifnya. Dijamin saat menyantapnya, anda akan dibuat ketagihan dan tidak bisa berhenti menyantapnya.

Apa yang membuat kerupuk ini begitu spesial untuk dibeli ? Pasalnya kerupuk satu ini memiliki cita rasa salak yang masih begitu terasa. Dengan kata lain, kandungan buah salak lebih besar daripada bahan campuran lainnya. Oleh karenanya, kerupuk ini pun sangat aman dikonsumsi bagi siapapun yang menginginkannya. Dari sekian banyak varian, keripik yang terbuat dari salak pondok banyak diburu para pelancong.

Sebagai daerah yang mewarisi pesona alam luar biasa indah, tampak wajar jika Banjarnegara menjadi tujuan wisatawan untuk melepaskan penat. Bahkan ada pula tamu yang rela datang dari jauh, hanya demi mencicipi langsung makanan khas Banjarnegara dari daerah asalnya. Dengan kata lain, kelezatan aneka kulinernya sudah tidak perlu lagi diragukan. Sebagai tambahannya, jangan lupa membeli buah tangan dari Banjarnegara bagi keluarga di rumah.